Hari Lahir Nahdlatul Ulama ke-94


Detiknow.com - Tepat 94 tahun yang lalu pada tanggal 31 Januari 1926 M / 16 Rajab 1344 H adalah hari lahirnya Nahdlatul Ulama yang merupakan salah satu organisasi islam terbesar di Indonesia bahkan dunia.

Nahdlatul Ulama yang disingkat NU ini sendiri memiliki sejarah yang sangat panjang sebelum berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Mulai dari pembentukan komite Hijaz yang diberangkatkan untuk menolak pembongkaran makam Nabi Muhammad SAW hingga dikeluarkan nya reolusi jihad 22 Oktober 1945 oleh Hadratus Syech KH. Hasyim Asyari sehingga berlajut ke perlawanan 10 November 1945

Masih banyak sekali perjuangan yang dilakukan oleh para Nahdliyin dari masa ke masa yang dapat anda baca pada buku sejarah terpercaya. Mohon maaf jika tidak disebutkan satu-persatu dalam tulisan kali ini.

Hadratus Syech KH. Hasyim Asyari adalah salah satu Pahlawan nasional yang ikut berjuang dalam era penjajahan selain Pahlawan nasional lainya yang juga turut berjuang demi kemerdekaan Indonesia baik dari kalangan muslim maupun non muslim, baik dari Sabang hingga Merauke.

Hadratus Syech KH. Hasyim Asyari adalah Rais Akbar yang mendirikan Nahdlatul Ulama bersama dengan para Ulama lainnya.

Ajaran yang dianut Nahdlatul Ulama atau NU adalah Ahlussunnah Waljama'ah (aswaja) dimana pahamnya bersumber pada Al Qur'an, sunah, ijma' dan qiyas. Dalam akidah mengikuti aswaja Imam Abu Hasan al-Asy'ari dan Imam Abu Manshur al-Maturidi. Sedangkan dalam bidang fiqh mazhab yang diakui ada empat yaitu Imam Hanafi, Maliki, Syafi'i dan Hambali.

Namun demikian NU sendiri tidak dapat dipisahkan dengan NKRI karena turut berjuang dan mengawal berdirinya NKRI hingga hari ini.

PBNU sebelumnya berada di Surabaya namun dipindahkan ke Jl. Kramat Raya 164 Jakarta. Dan tanggal 31 Januari 2020 M / 6 Jumadil Akhir1441 H dilaksanakan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan gedung PBNU dengan tema “Dari NU untuk Peradaban Dunia” yang lokasinya juga tetap di Jl. Kramat Raya 164 Jakarta.

Hal ini merupakan salah satu dari berbagai macam kegiatan dalam rangka persembahan satu abad NU (1926 – 2026).

Kita sebagai generasi muda masa kini sudah sepantasnya turut menjaga NKRI dengan mengisi sesuatu hal yang positive.

Tugas kita hanya perlu belajar dari para Guru & Kyai yang mengajarkan kebaikan, kebenaran serta perdamaian. Sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk meneruskan perjuangan para leluhur dengan terus berkarya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel